Langsung ke konten utama

MerDK…!!

Nulis apa ya tentang kemerdekaan. aku pilih ini aja ah. Tapi judul di atas bukan salah ketik lho... Tulisan MerDK yang dibaca Mer - De – Ka adalah akronim dari "Merdeka Dalam Kreativitas".
Kreativitas adalah kemampuan mental dan berbagai jenis ketrampilan khas manusia yang dapat melahirkan pengungkapan yang unik, berbeda, orisinal, sama sekali baru, indah, efisien, tepat sasaran dan tepat guna.
Bangsa kita ternyata bukanlah bangsa yang tanpa prestasi kreatif yang hebat.
Candi Borobudur contohnya bisa disebut sebagai monumen kreatif terbesar dari Timur. Praktek pertanian tradisional dengan pedoman Pranotomongso bila diselami ternyata mengandung pengertian dasar dari cabang ilmu bioklimatologi.
Wayang kulit yang sudah dikembangkan dari pikiran asli Indonesia merupakan drama kosmis yang sangat kaya akan ilham dan makna. Seorang komikus Indonesia bernama Admiranto Wijaya dengan semangat MerDK mencoba membuat komik wayang dengan pendekatan budaya pop ala Star Wars. Perhatikan imaji yang dihadirkan tentang Pandawa Lima oleh komikus yang juga saat ini mendapat order untuk menggambar serial komik Trigan dari keluarga Don Lawrence. Bagaimana pendapat Anda???


Perahu Phinisi juga merupakan contoh kreativitas bangsa kita yang beratus tahun usianya dan merupakan karya tehnologi tepatguna hingga sekarang. Perahu Phinisi asli seluruhnya terbuat dari kayu termasuk paku-pakunya. Kayunya ini berasal dari 7 jenis pohon, layarnya berjumlah 7 buah dan kiri kanan badan perahu terdapat “guling” (istilah Bugis) untuk keseimbangan.
Prinsip rekayasanya unik, berbeda dari metode modern. Bilah-bilah papan yang membentuk dinding perahu terlebih dulu dipasang baru kemudian menyusul kerangka dan tulang-tulang di sebelah dalam.
Perahu Pinisi setelah selesai dan masih kosong akan terasa tidak stabil. Namun setelah sarat dengan muatan, ia akan menjadi perahu yang paling layak untuk mengarungi samudera. Tidak heran jika pelaut-pelaut Bugis di masa lampau mampu melanglang buana hingga ke Madagaskar.
Sebenarnya contoh simple dari MerDK adalah anda sendiri sebagai blogger. Bila Anda menulis untuk mengungkapkan pikiran bukankah Anda sedang melakukan pekerjaan kreatif. Dan akan lebih disebut kreatif lagi jika tulisan Anda itu :
  • Isinya membenihkan kesadaran baru
  • Ringkas tapi kena
  • Memakai gaya bahasa yang khas, misal : puitis
  • Mengandung unsur surprise atau orisinalitas.
So, bloggermania kita adalah orang-orang yang MerDK.........!!!

Komentar

Mbilung mengatakan…
Waaah sip ini, MerDK. Tapi kok Mbilung ndak ada gambarnya ya? :D
andhi mengatakan…
hi..hi..hi iya..ya koq nggak ada kelupaan kali...:D
Avante mengatakan…
Temanya 17-an tapi koq gambarnya komik :D
btw infonya menarik juga nih, dah saatnya komik Indonesia "bangun tidur" karena soal gambar kita gak kalah, cuma masalah ide cerita (persis seperti yg terjadi di sinetron)
andhi mengatakan…
pengen tampil beda aja koq....:)
ARS CooL mengatakan…
MERDEKA!!! :D

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Tabung Elpiji 3 Kg Sering Meledak?

Akhir-akhir ini kita sering mendengar dan melihat lewat layar kaca kita tentang begitu banyaknya tabung gas elpiji yang meledak. Apa sih penyebabnya?

Ternyata sepele aja yaitu karena tabung gas elpiji 3 kg warnanya ijo...... Ingat lagu Balonku - yg meletus khan balon yg warnanya ijo.

Hehehe itu jawaban yg versi guyon kalo yg sebenarnya adalah karena :• Kualitas tabung/regulator/selang/kompor/water heater dibawah standar (misalnya: kompor, regulator, selang dan tabung yang dibagikan oleh pemerintah dalam program konversi minyak tanah)

• Tabung, regulator, selang, kompor, water heater dalam kondisi rusak

• Pemasangan yang tidak sempurna (misalnya: pemasangan dilakukan oleh pembantu rumah tangga, instalasi awal yang kurang teliti, dsb.)
• Faktor alam (misalnya: selang digigit tikus, selang aus karena hujan dan panas, dsb.)
Empat hal di atas dapat dirangkum menjadi satu, yaitu:
terjadi kebocoran gas elpiji yang kemudian memicu ledakan tabung gas elpiji.

Untuk itu kami menawarkan solusi ya…

Konser Live Worship 3

Kota Semarang mendapat kehormatan sebagai tempat pertama kali digelarnya konser Live Worship 3 dari penyanyi rohani Jeffry S. Tjandra. Konser ini berlangsung pada tanggal 16 Mei 2007 pukul 19.00 di Merbabu Convention Hall- PRPP.

Setting panggung Konser Live Worship di Semarang

Dalam konser ini, Jeffry menggandeng GBI Gajah Mada Semarang untuk ikut serta sebagai choir, maka terpilihlah 50 orang termasuk aku.

pada in action sebelum tampil

Konser berakhir tepat pukul 21.00. Dan sebelum pulang, kami pun menyempatkan diri foto bersama Jeffry.

Oya, kami masih akan ikut serta dalam konser Live Worship di Yogyakarta tanggal 23 Mei 2007. Don't Miss It, para kawula Yogya... !!





Saatku Melewati Lembah Kekelaman

Saatku melewati lembah kekelaman
Badai hidup menerpaku
Mataku memandangMu yang jaga jiwaku
Kudapatkan pengharapan

Ketika bebanku berat
Dalam jalan hidupku
Awan kelam menutupi
Ku datang padaMu Tuhan yang pimpin langkahku
Kudapatkan pengharapan

PadaMu Yesusku, kusujud dan berseru
Mengangkat tangan berserah padaMu
Nyatakan kehendakMu bukanlah kehendakku
Kutahu Kau s'lalu sertaku tak pernah tinggalkanku